Eropa » Inggris Raya » Seremonial

Vesak 2555 B.E / 2011 di Inggris Raya

Kamis, 19 Mei 2011

Buddhisme di Inggris RayaBhagavant.com,
Birmingham, Inggris Raya – Perayaan Vesak 2011 juga dirayakan oleh Buddhis di Eropa, khususnya di Inggris. Umat Buddha yang bergabung dalam Midlands International Buddhist Association atau Maha Vihara Birmingham di Inggris Raya mengadakan perayaan Vesak 2011 sekaligus Buddha Jayanti Ke-2600 di kantor pusat mereka.

Seperti yang dilansir Onlanka News, para peserta perayaan Buddha Jayanti tersebut adalah umat Buddha yang berasal dari berbagai bangsa seperti Sri Lanka, India, Nepal, Bangladesh, Vietnam, China, Jepang, Tibet dan juga Eropa.

Kegiatan dimulai pada pukul 7 pagi dengan melaksanakan delapan sila sampai pukul 6 sore. Keseharian kegiatan tersebut dipimpin oleh bhikkhu kepala, yaitu Y.M. Dr. Witharandeniye Kassapa Nayaka Thera (OBE – Order of the British Empire), sebagai Kepala Maha Vihara Birmingham dan Presiden dari Midlands International Buddhist Association di Inggris Raya.

Kegiatan tersebut termasuk melakukan dana, sila dan bhavana dan juga lagu-lagu pujian oleh sekelompok juru rawat dari Nottingham yang dipimpin oleh Bpk.Gihan Perera dan Ibu.Chamindri Mendis.

Tokoh masyarakat, anggota parlemen setempat dan sejumlah besar umat hadir pada hari itu.

Menurut sensus 2011, terdapat 151.816 umat Buddha di Inggris. Namun sensus tersebut tidak menghitung mereka yang menganggap dirinya sebagai Buddhis sekaligus sebagai Kristiani, atau Yahudi, atau Taoisme, atau yang lainnya. Juga tidak menghitung mereka yang menolak untuk melebelkan dirinya sebagai “Buddhis” dengan alasan bertentangan dengan prinsip ketanpaakuan dan ketanpaegoisan.

Buddhisme untuk pertama kali menemukan jalannya di Inggris pada abad ke-19 melalui terjemahan-terjemahan kitab suci dari beragam tradisi.[Bhagavant, 19/5/11, Sum]

Kata kunci: ,