Asia Oseania » Asia Timur » Korea Selatan » Seni dan Budaya » Seremonial » Tradisi dan Budaya

Korsel Rayakan Vesak 2011 Dengan Parade

Rabu, 11 Mei 2011

Buddhisme di Korea SelatanBhagavant.com,
Seoul, Korea Selatan – Sekitar dua puluh ribu orang mengunjungi Vihara Jogyesa di kota Seoul untuk melakukan puja bakti memperingati hari kelahiran Pangeran Siddhartha Gautama, Selasa 10/5.

Para umat juga tidak lupa melakukan tradisi memandikan rupang bayi Pangeran Siddhartha dengan air dan bunga dan berharap untuk dapat membersihkan diri. Dan juga memasang lilin dan dupa sebagai simbol cahaya dan harumnya kebajikan, berharap kebahagiaan dan berkah pada dunia. Demikian yang dilansir oleh PressTV.

Berbeda dengan negara-negara di Asia Selatan, perayaan Vesak di Korea Selatan yang berpijak pada penanggalan Tionghoa, jatuh setiap tanggal 8 bulan ke-4 penanggalan Tionghoa, yang tahun ini jatuh pada tanggal 10 Mei.

Beberapa hari sebelumnya, ribuan orang berparade dan ribuan orang lainnya menikmati parade yang menampilkan lentera beragam bentuk dan warna di pinggir jalan kota Seoul, Korea Selatan dalam rangka perayaan Vesak 2555 B.E / 2011.

Parade yang merupakan salah satu rangkaian acara dari Festival Lentera Lotus tersebut telah belangsung pada 6 – 8 Mei kemarin untuk menyambut peringatan kelahiran Pangeran Siddhartha Gautama.

Lebih dari 100.000 lentera berwarna-warni dalam berbagai bentuk seperti gajah, naga, phoenix, kura-kura, genderang, dan lotus menghiasi jalan-jalan utama secara nasional bersama dengan beragam kegiatan dan program.

Lentera adalah simbol cahaya, kebijaksanaan, dan belas kasih yang menghilangkan kegelapan dan penderitaan dunia. Melalui lentera-lentera lotus tersebut gelap menjadi terang seperti yang diyakini oleh umat Buddha bahwa cahaya membawa pencerahan kepada mereka yang sakit dan kehilangan arah.

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, Parade Lentera tahun ini, yang merupakan acara utama festival, yang dimulai di Dongdaemun dan berakhir di Vihara Jogye, diselenggarakan pada Sabtu 7/5, bukan pada hari Minggu. Sedangkan Festival Jalanan Buddhis yang terdapat 100 stan didirikan untuk acara kebudayaan tradisional, berbagai pertunjukkan, dan kegiatan untuk keluarga dan pasangan, wisatawan diadakan pada Minggu 8/5.[Bhagavant,11/5/11, Sum]

Beberapa gambar dari Festival Lentera Lotus 2011 di Korea Selatan
Festival Lentera Lotus 2011 Korea SelatanFestival Lentera Lotus 2011 Korea SelatanFestival Lentera Lotus 2011 Korea Selatan

Kata kunci: ,