Amerika » Amerika Serikat » Amerika Utara

Wakil Umat Hindu Ucapkan Selamat Vesak 2011

Minggu, 1 Mei 2011

Selamat Hari Tisuci VesakBhagavant.com,
Nevada, Amerika Serikat – Perwakilan umat Hindu mengirimkan ucapan selamat kepada komunitas Buddhis di seluruh dunia untuk Vesākha (Waisak) yang akan datang.

Negarawan Hindu terkemuka, Rajan Zed, dalam penyataannya di rilis di Nevada, Amerika Serikat pada hari Selasa 26/4, mengekspresikan salam hangat atas nama komunitas Hindu dalam rangka perayaan Vesākha dengan harapan kedamaian, berkah dan kebahagiaan bagi seluruh umat Buddha.

Zed, yang merupakan presiden dari Universal Society of Hinduism, menekankan bahwa semua agama harus bekerja sama untuk keadilan dan perdamaian dunia. Dialog akan membawa kita kepada peningkatan hubungan mutualisme, ia menambahkan.

Rajan Zed yang juga berkecimpung dalam hubungan antar agama tersebut, tidak hanya sekali ini saja mengucapkan selamat kepada komunitas Buddhis dalam rangkaVesākha, namun ia juga pernah mengucapkan selamat dalam rangka hari besar Buddhis lainnya seperti dalam rangka Māgha Pūjā.

Vesākha merupakan salah satu hari raya utama umat Buddha di tiap tahun yang memperingati kelahiran Bodhisattva Siddhartha Gautama, Pencerahan Sempurna Petapa Gautama, dan Parinirvana Buddha Gautama, yang dikenal dengan Tisuci (Trisuci). Dalam menyambut Trisuci tersebut, umat Buddha melakukan berbagai kegiatan seperti, meditasi, berdana, memasang bendera Buddhis, melakukan tradisi pemandian rupang Bodhisattva Siddhartha, dan sebagainya.

Perayaan Vesākha di berbagai negara tidaklah jatuh pada waktu yang sama. Hal ini berkaitan dengan tradisi ajaran yang menjadi pondasi dan penanggalan yang digunakan.

Dalam tradisi Buddhisme Mahayana yang banyak dianut di negara-negara yang menggunakan penanggalan Tionghoa (penaggalan lunar), kecuali Jepang, seperti China Daratan, Taiwan, Hongkong, Makau, Mongolia, Korea Selatan, dan Vietnam, Vesākha jatuh setiap tanggal 8, bulan ke-4 (Shi Gwee) penanggalan lunar. Sehingga pada tahun 2011 ini, Vesākha dalam tradisi Buddhisme Mahayana jatuh pada tanggal 10 Mei 2011.

Sedangkan dalam tradisi Buddhisme Theravada yang banyak dianut di negara-negara seperti Thailand, Sri Lanka, Birma, Kamboja, dan Laos, menggunakan penanggalan Buddhis yang berdasarkan pada penanggalan Surya Siddhanta. Penanggalan ini dijadikan penanggalan resmi perayaan Vesākha secara internasional saat Konferensi World Fellowship of Buddhists tahun 1950 di Colombo, Sri Lanka. Pada tahun 2001 ini, Vesākha dalam tradisi Buddhisme Theravada dan Internasional, jatuh pada tanggal 17 Mei 2011.[Bhagavant,1/5/11, Sum]

Kata kunci: , ,