Asia Oseania » Asia Selatan » India » Seremonial

Hindu India Ucapkan Selamat Magha Puja

Kamis, 17 Februari 2011

Magha PujaBhagavant.com,
New Delhi, India – Umat Hindu di India mengirimkan ucapan selamat lebih awal kepada komunitas Buddhis di seluruh dunia dalam rangka hari Māgha Pūjā 2011 yang jatuh pada 18 Februari.

Seorang negarawan Hindu terkemuka di India, Rajan Zed, yang dilansir di Nevada (A.S) [13/2], menyatakan salam hangat atas nama komunitas Hindu dalam rangka perayaan Māgha Pūjā, dengan harapan kedamaian, berkah dan kebahagiaan bagi seluruh umat Buddha.

Rajan Zed, yang merupakan presiden dari Universal Society of Hinduism, menekankan bahwa semua agama harus bekerja sama untuk keadilan dan perdamaian dunia. Dialog akan membawa kita kepada peningkatan hubungan mutualisme, demikian katanya.

Sering juga disebut dengan Makha Bucha dan Hari Sangha, Magha Puja terkenal di Thailand, Laos, dan Kamboja. Māgha Pūjā memperingati hari dimana 1.250 Arahant berkunjung untuk memberikan penghormatan kepada Buddha Gotama yang kemudian Beliau memberikan mereka wejangan Dhamma yang disebut dengan Ovāda Pātimokkha, yang merupakan prinsip-prinsip dasar ajaran semua Buddha. Di Thailand, umat Buddha berpartisipasi dalam arak-arakan lilin atau disebut dengan Wian Tian, dari vihara-vihara. Pada hari ini, umat Buddha mengunjungi vihara untuk melakukan kegiatan perbuatan bajik, mengelilingi Uposatha Gara (Aula Uposatha), melakukan meditasi, dan sebagainya.

Buddhisme merupakan agama terbesar keempat di dunia, yang berdasarkan pada ajaran-ajaran Buddha Gotama, Yang Telah Sadar. Hinduisme adalah agama terbesar ketiga di dunia yang memiliki satu milyar pengikutnya dan moksa (pembebasan/pemberhentian) sebagai tujuan akhir ajarannya. Dan dalam kepercayaan Hindu, khususnya umat Hindu aliran Vaishnava, mereka mempercayai bahwa Buddha Gotama adalah avatāra (baca: awatara – red) atau titisan dari Vishnu, hal ini tertuang dalam Kitab Garuda Purana dan Kitab Bhagavata Purana.[Sum]

Kata kunci: , , ,