Festival Seni Budaya Buddhis 2011 di Jakarta

Seni dan Budaya BuddhisBhagavant.com,
Jakarta, Indonesia – Sebuah Festival Seni Budaya Buddhis Ke-4 resmi dibuka pada Rabu, 26 Januari 2011, di Mall of Indonesia, Lantai LG, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Dalam pembukaan festival yang didukung oleh Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kemenbudpar) tersebut dihadiri oleh pakar meditasi Y.M Chanmay Sayadaw dari Birma, Dirjen Pemasaran Kemenbudpar DR. Sapta Nirwandar, dan berbagai organisasi Buddhis seluruh Indonesia.

Kegiatan Festival yang kali ini bertema “Pemerkuatan Budaya dan Kerukunan Bangsa” diikuti oleh beragam komunitas dan organisasi Buddhis antara lain dari Theravada, Mahayana, Tantrayana, Buddhayana, Tridharma, Keluarga Mahasiswa Buddhis (KMB), Sekolah Tinggi Agama Buddha (STAB), vihara-vihara, dan sebagainya.

“Dengan mengenalkan seni dan budaya Agama Buddha kepada masyarakat diharapkan timbul rasa saling menghargai dan toleransi antar umat beragama di Indonesia,” demikian kata Dirjen Pemasaran Kemenbudpar DR.Sapta Nirwandar dalam kata sambutannya.

Festival yang diadakan atas kerjasama Buddhis Education Center dan Komunitas Umat Buddha ini menampilkan Buddha rupang Berbaring sepanjang 25 meter, replika dinding relief Candi Borobudur dan Pilar Raja Asoka , diorama riwayat hidup Buddha Gotama, miniatur Candi Pawon, Kitab Tipitaka dalam berbagai bahasa, relik-relik para Arahat, berbagai stan dari komunitas Buddhis, dan masih banyak lagi.

Selain dapat menyaksikan pernak-pernih bernuansa Buddhis, para pengunjung festival juga dapat mempelajari intisari ajaran Agama Buddha dan sejarah Agama Buddha di Indonesia.

Pada tahun 2008, Festival Seni Budaya Buddhis diadakan untuk pertama kalinya di Surabaya dan berlangsung hanya 6 hari. Pada tahun 2011 ini, festival diadakan selama 25 hari dengan menempati luas area pameran sebesar 4.000 meter persegi, dan menjadi Festival Seni Budaya Buddhis yang terbesar yang pernah diadakan di Indonesia.

Festival Seni Budaya Buddhis 2011 akan berlangsung dari 26 Januari sampai 20 Februari 2011, dan dibuka mulai pukul 10.00 sampai 20.00 WIB.[Sum]