Asia Oseania » Asia Tenggara » Malaysia » Seremonial

Konferensi Buddhis Sedunia 2010 di Malaysia

Rabu, 22 September 2010

Buddhisme di MalaysiaBhagavant.com,
Kuala Lumpur, Malaysia – Akhir pekan ini, tepatnya 25-26 September 2010, Malaysia akan menjadi tuan rumah bagi Konferensi Buddhis Sedunia yang akan dihadiri oleh beberapa tokoh Buddhis terkemuka seperti Master Zen, Y.M. Thich Nhat Hanh dan delapan guru dan cendekiawan terkemuka lainnya.

Pada konferensi yang akan diadakan di Hotel Istana, Kuala Lumpur tersebut, Y.M. Thich Nhat Hanh yang sebelumnya sudah berada di Malaysia sejak 15 September, akan menjadi pembicara kunci dengan menyampaikan ceramah bertema: Living In Harmony: When Things Fall Apart. Beliau akan membagikan pengalamannya tentang bagaimana seseorang dapat melanjutkan hidup dalam kedamaian dan harmoni meskipun segala sesuatunya mengalami ketidakbenaran.

Konferensi Buddhis ini diselenggarakan oleh tiga organisasi terkemuka di Malaysia, yaitu Buddhist Gem Fellowship, Buddhist Missionary Society Malaysia dan Asosiasi Pemuda Buddhis Malaysia, dan didukung oleh delapan kelompok Buddhis lainnya.

Bertujuan untuk membantu umat Buddhis awam yang mencari nasihat tentang bagaimana menempuh kehidupan yang penuh damai dan bebas dari stres, konferensi ini diharapkan dihadiri oleh 800 peserta. Di sana seseorang dapat menjelajahi bagaimana konsep-konsep dasar Buddhis dapat merubah cara memandang kehidupan untuk mengalami kebahagiaan sejati.

Di antara para pembicara, yaitu Y.M. Wei Wu dari Vihara Than Hsiang di Penang, Malaysia, yang mendirikan Yayasan Than Hsiang di Malaysia dan Thailand, dan Perguruan Tinggi Buddhis Internasional di Hatyai, Thailand. Beliau juga terlibat dalam berbagai kegiatan kesejahteraan seperti TK dan panti asuhan di seluruh Malaysia.

Pembicara lainnya termasuk Y.M. Tenzin Zopa dari Nepal, yang merupakan seorang guru yang tinggal di Losang Dragpa Centre in Petaling Jaya, Selangor, Malaysia. Beliau membuat sebuah dokumenter berjudul The Unmistaken Child, yang merupakan sebuah penelitiannya mengenai kelahiran kembali gurunya, Geshe Lama Konchog.

Konferensi tersebut juga dihadiri oleh para pembicara dari dunia Barat termasuk Dr. Joan Halifax, seorang antropolog internasional terkemuka, dan pendiri serta kepala Upaya Zen Center di Santa Fe, New Mexico; Master Zen Y.M. Bhikkhu Tejadhammo, seorang perintis dalam pekerjaan juru rawat inap di Sydney, Australia; Dr. David Loy, seorang pakar praktisi dari Amerika Serikat dan salah satu pendiri Buddhis Global Relief; Y.M. Thubten Chodron, seorang penulis terkemuka dan guru dari Washington; Dr. Tan Eng Kong, seorang psikiater dan psikoterapis kelahiran Malaysia yang kini tinggal di Australia; dan Anchalee Kurutach, yang bekerja untuk para pengungsi selama lebih dari 20 tahun di tanah airnya Thailand dan Amerika Serikat.

Untuk informasi selanjutnya mengenai Konferensi Buddhis Sedunia (World Buddhist Conference) di Malaysia ini, silahkan mengunjungi: http://www.wbc.my. [Sum]

Kata kunci: , , ,