Asia Oseania » Asia Tenggara » Indonesia » Seremonial

KASI dan WALUBI Adakan Waisak di Borobudur

Jumat, 28 Mei 2010

Candi Borobudur, Jawa TengahBhagavant.com,
Magelang, Jawa Tengah, Indonesia – Hari ini secara internasional umat Buddha di seluruh dunia merayakan Tri Suci Waisak 2554 B.E / 2010, tak terkecuali umat Buddha di Indonesia.
Dua organisasi besar Buddhis yaitu Konferensi Agung Sangha Indonesia (KASI) dan Perwakilan Umat Buddha Indonesia (WALUBI) juga menyelenggarakan prosesi Waisak Nasional yang kerap diadakan setiap tahunnya.

Perayaan Waisak Nasional tahunan ini selalu dilaksanakan secara bergantian antara kedua organisasi besar ini. Saat KASI menyelenggarakan Waisak Nasional di Candi Borobudur, maka WALUBI akan melaksanakannya di tempat lain seperti di JIExpo Pekan Raya Jakarta, begitu juga sebaliknya.

Namun tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, kini kedua organisasi besar tersebut melaksanakan prosesi Waisak Nasional di waktu yang hampir bersamaan dan menggunakan tempat yang sama yaitu di Candi Borobudur pada Jumat 28 Mei 2010.

Kepala Unit Taman Wisata Borobudur, Pujo Suwarno mengatakan bahwa WALUBI memusatkan meditasi detik-detik Waisak di Candi Borobudur, sedangkan KASI memusatkan peringatan Waisak dengan puja bakti di Candi Mendut.

“Nanti sekitar Pukul 13.00 WIB, KASI akan melakukan prosesi kirab dari Candi Mendut menuju Candi Borobudur,” demikian kata Pujo kepada wartawan tadi pagi.

Nampaknya, meskipun sama-sama menggunakan pelataran Candi Borobudur sebagai prosesi Waisak Nasional, kedua organisasi ini memiliki jadwal kegiatan yang berbeda-beda sehingga tidak terjadi pertemuan antara kedua massa organisasi ini.

Rute prosesi Waisak Nasional versi WALUBI nampaknya hanya berlangsung di sekitar Candi Borobudur dan Candi Pawon, tanpa di awali dengan puja bakti di Candi Mendut seperti yang biasa dilakukan. Sedangkan KASI melakukan prosesi dari Candi Mendut menuju ke Candi Borobudur.

Dalam Waisak Nasional kali ini KASI mengusung tema: “Dengan Dharma Membangun Karakter Bangsa”. Sedangkan WALUBI mengusung tema: “Menabur Benih Kebajikan”. Kedua organisasi besar Buddhis ini juga sama-sama melakukan bakti sosial dalam kegiatan-kegiatannya menyambut Waisak 2554. B.E.

Tahun ini seharusnya menjadi giliran bagi KASI untuk menyelenggarakan Waisak Nasional di Candi Borobudur, namun keikutsertaan WALUBI dalam menyelenggarakan Waisak Nasional kali ini, sempat menjadi pertanyaan bagi sebagian kalangan umat Buddha.[Sum]

Kata kunci: , , , , , , , , ,