Asia Oseania » Asia Selatan » Seremonial » Sri Lanka

Buddhis Sri Lanka Rayakan Vesak Skala Besar

Kamis, 27 Mei 2010

Happy Vesak Dayslbc.lk,
Colombo, Sri Lanka – Tahun ini, umat Buddha di Sri Lanka bersiap untuk merayakan festival Vesak (Waisak) dalam skala besar. Perayaan Vesak akan diadakan di setiap vihara dan pusat-pusat Buddhis. Semua jalan dan perumahan telah dihiasi dengan lentera-lentera Vesak dan penerangan.

Sekretariat Kepresidenan juga menyelenggarakan perayaan khusus untuk Vesak Nasional 2010 di Temple Trees (kediaman resmi Perdana Menteri Sri Lanka) dan di Vihara Gangarama, Hunupitiya. Perahera (festival besar/prosesi – ed) Vesak tahunan Vihara Sri Sambodhi Colombo akan diadakan pada Jumat. Kompetisi lentera Vesak lainnya akan diadakan di depan Lake House dalam tema menciptakan sebuah masyarakat yang ber-saddha (berkeyakinan – ed) melalui komunikasi yang lebih baik.

Pemerintah telah meminta untuk mengibarkan bendera Buddhis di seluruh bangunan pemerintah dan perumahan selama Minggu Vesak. Pemerintah juga meminta untuk menggunakan penerangan kepada gedung-gedung pemerintahan selama minggu ini.

Ada sejumlah Pandol (umbul-umbul lampu – ed) dan Lentera Vesak dan yang akan di dirikan di Thotalanga, Dematagoda, Borella dan Peliyagoda di Colombo dan di beberapa kota luar lainnya.

Perayaan Vesak kali ini sangat penting khususnya bagi Buddhis yang tinggal di utara dan timur Sri Lanka yang juga mempersiapkan perayaan Vesak setelah 30 tahun. Masyarakat di Batticaloa, Kalmunei dan Jaffna membuat persiapan untuk peringatan peristiwa besar ini.

Jasa Angkutan Sri Lanka membuat pelayanan bus khusus untuk para umat untuk mengunjungi Anuradhapura, Polonnaruwa, Mahiyangana dan Kelaniya selama masa Vesak. Pelayanan kereta api khusus juga akan diadakan besok dan hari setelahnya untuk menuju Anuradhapura dan Kalutara. Kereta api-kereta api ini akan berangkat dari Colombo Fort dan Stasiun Kereta Maradana.

Kata kunci: , , ,