Asia Oseania » Asia Selatan » India

Usaha Pendirian Stupa Untuk Abu Sang Buddha

Minggu, 17 Januari 2010

Buddhisme di IndiaTNN,
Vadodara, India – Seminar internasional mendatang mengenai warisan Buddhis mebawa ketertarikkan baru di antara beragam kelompok mengenai sisa-sisa perabuan Sang Buddha yang saat ini berada di Univesitas MS (MSU).

Pada hari Rabu, beberapa kelompok yang dipimpin oleh Jan Jagruti Abhiyan menuntut agar pemerintah daerah perlu mendirikan sebuah stupa di Vadodara dimana peti relik yang berisi abu Sang Buddha akan ditampilkan untuk umum dalam rangka mengubah Vadodara menjadi daerah pariwisata.

“Kami telah mengirimkan sebuah memorandum kepada Kepala Pemerintah Narendra Modi untuk meminta agar didirikan sebuah stupa besar dan menempatkan sisa-sisa perabuan Sang Buddha disana sehingga Vadodara dapat menarik wisatawan domestik dan internasional. Kami telah meminta kepada Kepala Pemerintah bahwa dalam peresmian seminar beliau harus membuat sebuah pengumuman akan hal ini agar Perusahaan Negara Vadodara (VMC) dan MSU untuk mengambil proyek bersama untuk kepentingan Vadodara dan mendirikan stupa besar berornamen pada peringatan tahun emas daerah Gujarat,” kata Manhar Shah dari Jan Jagruti Abhiyan, dan ia menambahkan bahwa memorandum telah ditandatangani oleh 1.500 warga selain dari 20 asosiasi tingkat negara termasuk Masyarakat Buddhis India (Buddhist Society of India).

Mengutip teks, Shah menambahkan bahwa bahkan para sarjana telah menuliskan bahwa Sang Buddha sendiri menasihatkan perlunya didirikan stupa untuk sisa-sisa perabuan dan karenanya tidaklah memiliki arti jika menyimpan relik-relik tersebut di dalam lemari tertutup. Sejak sisa-sisa perabuan tersebut ditemukan oleh departemen arkeologi dan sejarah kuno MSU pada tahun 1963, sisa-sisa perabuan tersebut disimpan di departemen dan terkunci. Departemen telah menemukan peti relik tersebut dari daerah Devni Mori dekat Shamlaji di bagian utara Gujarat.

Kata kunci: ,