Asia Oseania » Asia Tenggara » Indonesia » Seremonial

Perayaan Vesak 2552 B.E di Borobudur

Sabtu, 17 Mei 2008

Hari Raya WaisakBhagavant.com,
Magelang, Jawa Tengah, Indonesia – Puncak upacara Puja Bakti Vesak Nasional 2552 B.E yang diselenggarakan oleh Konferensi Agung Sangha Indonesia (KASI) di Candi Borobudur pada 20 Mei 2008 akan diawali dengan pengambilan air untuk berkah di Umbul Jumprit, Kabupaten Temanggung, pada Sabtu 18 Mei.

Diperkirakan Puja Bakti di Candi Borobudur akan diikuti lebih dari 60 ribu umat Buddha. Sebagai rangkaian acara puncak peringatan Vesak kali ini yang juga bertepatan dengan peringatan Seabad Hari Kebangkitan Nasional diadakan pula acara bakti sosial seperti pengobatan dan penghijauan di beberapa kota di Jawa Tengah yang beberapa waktu lalu terkena banjir seperti Rembang dan Kudus.

Seperti yang dikutip dari Antara Jawa Tengah, Pandita D. Henry Basuki selaku Koordinator Pengambilan Air untuk Berkah di Vihara Candra Kinnara Semarang, Kamis (1/5), mengatakan, bersama umat Buddha Sabtu menjelang senja akan dilaksanakan puja bakti permohonan air. Sehabis upacara ritual, bersama masyarakat akan dilaksanakan malam tirakatan yang bernafaskan budaya lokal Jawa dengan menampilkan kesenian tradisional ‘badra santi’. Air tersebut akan disemayamkan di dalam ruang Candi Mendut selanjutnya dibacakan paritta oleh para bhikkhu secara bergiliran.

Kemudian pada 19 Mei 2008, air berkah tersebut dibagikan kepada umat Budha dalam botol plastik. bagi yang ingin mendapatkan air itu harus menyerahkan kupon pengambilan yang bisa diperoleh di sekretariat panitia.

Menurut rencana, pembagian air berkah juga akan dilakukan di kawasan Candi Borobudur setelah upacara Puja Bakti selesai. Upacara Vesak Nasional 2552 B.E, juga akan mengambil api alam dari Mrapen Kabupaten Grobogan. Air dan api itu akan digunakan untuk upacara ritual sejak Minggu (18/5) di Candi Mendut.

Pada Selasa (20/5) pagi secara serentak akan dilaksanakan meditasi menyongsong detik waisak 2552 B.E yang jatuh pada pukul 09.11.08 WIB di Candi Mendut dan Borobudur.

Pada Selasa siang dilaksanakan kirap keagamaan dari depan Candi Mendut menyinggahi Candi Pawon menuju pelataran barat Candi Borobudur. Menjelang senja Puja bakti Vesak Nasional 2552 B.E / 2008 akan dilaksanakan dengan menghadap stupa Candi Agung Borobudur.

Kata kunci: , , , , , , ,