Asia Oseania » Asia Tenggara » Vietnam

Situs Resmi Pertama Buddhis Vietnam

Selasa, 15 April 2008

Buddhisme di Asia PasifikBuddhistchannel.tv,
Ho Chi Minh, Vietnam – Surat kabar mingguan Giac Ngo, salah satu agen berita tertua di Vietnam, meluncurkan situsnya www.giacngo.vn situs Buddhis pertama yang mencakup mengenai pengenalan terhadap Buddhisme di Vietnam yang sudah ada ribuan tahun silam.

Situs tersebut berisi berita Buddhis dalam negeri, esai Dharma, kebudayaan Buddhis, pendidikan Buddhis, literatur Buddhis, sejarah Buddhis, meditasi dan kesehatan, konsultasi, Buddhisme dan Pemuda, dokumen dan perpustakaan, dan lainnya. Kebanyakan informasi yang ada di dalam website merupakan kontribusi dari para bhiksu, bhiksuni, pakar Buddhism para sarjana, reporter di rumah dan di lapangan.

Situs ini di-update setiap hari. Selain laporan mengenai kegiatan Buddhis dan penelitian, para pengunjung dapat juga mendapatkan informasi mengenai vihara-vihara, para bhiksu ternama dari masa lalu sampai masa sekarang.

Situs ini dipelopori oleh Y.M. Thích Tri Quang, kepala editor surat kabar Giac Ngo, dengan nomor lisensi 109/GP-BC, terbit pada 19 Maret 2008. Situs ini secara resmi sudah beroperasi.

Membutuhkan sekitar lebih dari dua bulan untuk menyusun situs ini. Minggu depan, Anggota Sangha direncanakan akan menghadiri upacara peresmian situs ini di kantor surat kabar Giac Ngo yang berlokasi di jalan Nguyen Dinh Chieu 85, distrik 3 kota Ho Chi Minh, Vietnam. Situs ini akan memulai pelayanannya dalam bahasa Vietnam. Versi Inggris dan Mandarin akan ditambahkan kemudian.

”Kita bisa mengatakan bahwa ini adalah situs Buddhis pertama di Vietnam. Meskipun ada banyak situs Buddhis, namun semuanya adalah milik individu. Kami mengharapkan situs ini akan berfungsi sebagai portal bagi Buddhisme Vietnam, dan memberikan informasi yang bermanfaat bagi para bhiksu, bhiksuni dan para umat Buddhis dimanapun berada. Semua isi akan diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dan Mandarin dalam beberapa bulan ke depan,” demikian kata Y.M. Thich Thien Bao, content manager dari situs tersebut.

(Oleh: Y.M. Thich Quang Dat, The Buddhist Channel)

Kata kunci: ,