Asia Oseania » Asia Tenggara » Seremonial » Thailand

Thailand Adakan Penahbisan Nasional

Minggu, 29 Juli 2007

Buddhisme di Asia PasifikBhagavant.com,
Bangkok, Thailand – Y.M Putra Mahkota Maha Vajiralongkorn memberikan 84 set jubah lapis tiga untuk penahbisan nasional 7.476 calon bhikkhu untuk merayakan peringatan ulang tahun ke-80 Raja Thailand, yang akan datang. Demikian yang dikutip oleh Bhagavant.com dari The Nation.

Departemen Kementerian Agama dan Budaya menyelenggarakan upacara tersebut pada hari Jumat (27/7) di Wat (vihara) Bovornnivet untuk menerima jubah pemberian kerajaan untuk penahbisan, diselenggarakan oleh departemen, Kantor Agama Buddha Nasional dan agensi yang terkait.

Sekretaris Tetap untuk Kebudayaan, Veera Rojanapojanarat mengatakan bahwa 7.476 kandidat terdiri dari 89 individu yang berasal dari tiap-tiap 75 propinsi ditambah 89 orang dari tiap-tiap sembilan vihara pusat yaitu Wat Bonornnivet, Wat Saket, Wat Chanasongkhram, Wat Pak Nam, Wat Trimitwittayaram, Wat Suthatthepvararam, Wat Phrachetupon Wimolmangklaram, Wat Yannawa dan Wat Rama 9.

Ritual pencukuran rambut diadakan pada tanggal 26 Juli yang lalu dan upacara penahbisan (Upasampada) diadakan pada hari berikutnya.

Jubah pemberian kerajaan dipersembahkan kepada Penahbis (Upajjhaya), yang akan bertanggung jawab untuk penahbisan bhikkhu-bhikkhu baru sepanjang kehidupan kebiaraan mereka, pada tiap propinsi dan pada tiap sembilan vihara pusat, kata Veera.

Menurut Veera, mereka yang berkeinginan untuk memberikan donasi untuk mendukung kegiatan tersebut perlu menghubungi Departemen Agama.

Kata kunci: , , , ,